Selasa, 27 Maret 2012

Pengertian Dari Macromedia Flash Dan Multimedia Serta Fungsi-Fungsi Penjelasan Tollbarnya



Pengertian Macromedia Flash


Adobe Flash (dahulu bernama Macromedia Flash) adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems. Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension .swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash Player. Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript yang muncul pertama kalinya pada Flash 5.

Sebelum tahun 2005, Flash dirilis oleh Macromedia. Flash 1.0 diluncurkan pada tahun 1996 setelah Macromedia membeli program animasi vektor bernama FutureSplash. Versi terakhir yang diluncurkan di pasaran dengan menggunakan nama 'Macromedia' adalah Macromedia Flash 8. Pada tanggal 3 Desember 2005 Adobe Systems mengakuisisi Macromedia dan seluruh produknya, sehingga nama Macromedia Flash berubah menjadi Adobe Flash.

Adobe Flash merupakan sebuah program yang didesain khusus oleh Adobe dan program aplikasi standar authoring tool professional yang digunakan untuk membuat animasi dan bitmap yang sangat menarik untuk keperluan pembangunan situs web yang interaktif dan dinamis. Flash didesain dengan kemampuan untuk membuat animasi 2 dimensi yang handal dan ringan sehingga flash banyak digunakan untuk membangun dan memberikan efek animasi pada website, CD Interaktif dan yang lainnya. Selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat animasi logo, movie, game, pembuatan navigasi pada situs web, tombol animasi, banner, menu interaktif, interaktif form isian, e-card, screen saver dan pembuatan aplikasi-aplikasi web lainnya. Dalam Flash, terdapat teknik-teknik membuat animasi, fasilitas action script, filter, custom easing dan dapat memasukkan video lengkap dengan fasilitas playback FLV. Keunggulan yang dimiliki oleh Flash ini adalah ia mampu diberikan sedikit code pemograman baik yang berjalan sendiri untuk mengatur animasi yang ada didalamnya atau digunakan untuk berkomunikasi dengan program lain seperti HTML, PHP, dan Database dengan pendekatan XML, dapat dikolaborasikan dengan web, karena mempunyai keunggulan antara lain kecil dalam ukuran file outputnya

Movie-movie Flash memiliki ukuran file yang kecil dan dapat ditampilkan dengan ukuran layar yang dapat disesuaikan dengan keingginan. Aplikasi Flash merupakan sebuah standar aplikasi industri perancangan animasi web dengan peningkatan pengaturan dan perluasan kemampuan integrasi yang lebih baik. Banyak fiture-fiture baru dalam Flash yang dapat meningkatkan kreativitas dalam pembuatan isi media yang kaya dengan memanfaatkan kemampuan aplikasi tersebut secara maksimal. Fiture-fiture baru ini membantu kita lebih memusatkan perhatian pada desain yang dibuat secara cepat, bukannya memusatkan pada cara kerja dan penggunaan aplikasi tersebut. Flash juga dapat digunakan untuk mengembangkan secara cepat aplikasi-aplikasi web yang kaya dengan pembuatan script tingkat lanjut. Di dalam aplikasinya juga tersedia sebuah alat untuk men-debug script. Dengan menggunakan Code hint untuk mempermudah dan mempercepat pembuatan dan pengembangan isi ActionScript secara otomatis.

Pengertian Multimedia

Multimedia diambil dari kata multi dan media. Multi berarti banyak dan media berarti media atau perantara. Multimedia adalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks, grafik, suara, video dan animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan. Multimedia juga mempunyai komunikasi interaktif yang tinggi. Bagi pengguna komputer multimedia dapat diartikan sebagai informasi komputer yang dapat disajikan melalui audio atau video, teks, grafik dan animasi.

Disini dapat digambarkan bahwa multimedia adalah suatu kombinasi data atau media untuk menyampaikan suatu informasi sehingga informasi itu tersaji dengan lebih menarik.

“Multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996) atau Multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga elemen, yaitu suara, gambar dan teks (McCormick 1996) atau Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output dari data, media dapat audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dkk, 2002) atau Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video (Robin dan Linda, 2001). Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi. Dalam definisi ini terkandung empat komponen penting multimedia. Pertama, harus ada komputer yang mengkoordinasikan apa yang dilihat dan didengar. Kedua, harus ada link yang menghubungkan pemakai dengan informasi. Ketiga, harus ada alat navigasi yang membantu pemakai menjelajah jaringan informasi yang saling terhubung.

Keempat, multimedia menyediakan tempat kepada pemakai untuk mengumpulkan, memproses, dan mengkomunikasikan informasi dengan ide. Jika salah satu komponen tidak ada, bukan multimedia dalam arti luas namanya. Misalnya, jika tidak ada komputer untuk berinteraksi, maka itu namanya media campuran, bukan multimedia. Kalau tidak ada alat navigasi yang memungkinkan untuk memilih jalannya suatu tindakan maka itu namanya film, bukan multimedia. Demikian juga kita tidak mempunyai ruang untuk berkreasi dan menyumbangkan ide sendiri, maka nama televisi, bukan multimedia. Dari beberapa definisi di atas, maka multimedia ada yang online (Internet) dan multimedia ada yang offline (tradisional).”

Klik Download File Docx   <<<< Download Berupa File


Fungsi-Fungsi Penjelasan Tollbarnya


  • Tool bar adalah bagian yang di gunakan untuk membuat objek baik berupa gambar, garis, atau text. Bgian Toolbar akan di bahas lebih lanjut
  • Stage adalah bagian yang di gunakan untuk menempatkan objek tampilan yang kita buat
  • Timeline adalah bagian untuk membuat animasi di mana berisi frame, layer dan Scane


Gambar – Tampilan Flash MX
Objek Pada Flash 
Pada waktu anda membuat suatu movie flash anda menggunkan objek baik berupa gambar, garis atau text yang anda tempatkan pada bagian stage
Library 
Di gunakan untuk menyimpan symbol yang di gunakan untuk mpembuatan movie. Symbol ini merupan objek baik yang menggunakan objek gambar (vector atau bitmap), tombol ,suara dan movie. Penggunaan objek yang berul;ang ulang akan memperbesar ukuran file Symbol yang di gunakan berulang ulang tidak akan memperbesar ukuran file. Setiap salinan symbol di pakai pada stage di namakan Instance. Untuk menampilkan kotak library arahkan mouse pada menu Window > Library atau tekan Tombol F11 Pada Keyboard

Gambar – Library
TimeLine 
Merupakan Kompnen Penting dalam pembuatan suatu animasi. Time lline terbagi menjadi tiga bagian yaitu Scane, Layer dan Frame
Seperti anda membuka sebuah buku maka time line merupakan daftar yang interaktif. Scane seperti sebuah bab pada buku itu. Dan frame merupakan seperti sebuah ahalaman. Dan layer merupakan kesatuan dari halaman suatu frame. Maka animasi merupakan suatu pergerakan mengikuti daftar isi berisi halaman-halaman terurut dengan tidak memperlihatkan halaman-halaman di baliknya dengan tangan.

Gambar – Timeline
Stage 
Stage merupakan tempat untuk elemen-elemen grafik yang membuat suatu movie. Stage sering di sebut kanvas di gunakan sebagai objek pembuatan animasi. Segala Pemikiran tentang pembentukan animasi maupun gembar di buat pada bidang ini.
Anda dapat merubah ukuran stage ini sesuai kebutuhan
Langkah mengubah ukuran stage dan latar be;lakang warna stage:
  1. Arahkan mouse pada menu Modify> Document atau anda bias gunakan tombol CTRL+J pada keyboard
  2. Setelah muncul sebuah kotak menu berisi document properties ubahlah apa yang anda kehendaki baik Width (lebar), Height (tinggi), Background Color (latar Belakang Warna Stage) ataupun Frame Rate (kecepatan Frame)


>I> Gambar – Kotak dialog Document Properties
Toolbar 
Tolbar dapat di gunakan untuk memuat Objek baik berupa garis, gammbar berupa lingkaran, persegi maupun bentuk lain. Dengan penambahan pada kolom option maka akan ada pilihan

Gambar – Kotak Toolbar
Arrow Tool 
Tool ini digunakan untuk memilih suatu objek atau untuk memindahkannya.
Subselection Tool 
Tool ini digunakan untuk merubah suatu objek dengan edit points.
Line Tool 
Tool ini digunakan untuk membuat suatu garis di stage.
Lasso Tool 
Tool ini digunakan untuk memilih daerah di objek yang akan diedit.
Pen Tool 
Tool yang digunakan untuk menggambar dan merubah bentuk suatu objek dengan
menggunakan edit points (lebih teliti & akurat).
Text Tool 
Tool ini digunakan untuk menuliskan kalimat atau kata-kata.
Oval Tool 
Tool yang digunakan untuk menggambar sebuah lingkaran.
Rectangle Tool 
Tool yang digunakan untuk menggambar sebuah segiempat.
Pencil Tool 
Tool ini digunakan untuk menggambar sebuah objek sesuai dengan yang Anda sukai.
Tetapi setiap bentuk yang Anda buat akan diformat oleh Flash MX menjadi bentuk
sempurna.
Brush Tool 
Tool ini sering digunakan untuk memberi warna pada objek bebas.
Free Transform Tool 
Tool ini digunakan untuk memutar (rotate) objek yang Anda buat atau mengubah bentuk
objek menjadi bentuk lain.
Fill Transform Tool 
Tools ini digunakan untuk memutar suatu objek yang diimport dari luar lingkungan Flash
MX, serta untuk mengatur efek warna.
Ink Bottle Tool 
Tool ini digunakan untuk mengisi warna pada objek yang bordernya telah hilang (tidak
ada).
Paint Bucket Tool Tool ini digunakan untuk mengisi warna pada objek yang dipilih.
Eraser Tool 
Tool ini digunakan untuk menghapus objek yang Anda bentuk.
-----------------------------------------------------------

Arrow, Arrow digunakan untuk memilih keseluruhan objek dengan mengklik atau menyeret untuk menandai objek dalam suatu bagian.

Subselection,digunakan untuk mengatur node dalam membentuk bentuk bebas dari sebuah objek.

Line, Untuk membuat obyek sebuah garis lurus.

Lasso, digunakan untuk menseleksi bebas sebuah obyek atau bagiannya.

Pen, untuk menarik garis lurus, membuat lengkungan dengan node dan membuat obek dengan presisi.

Text, membuat obyek text ( tertulis) dengan huruf, teriri dari tiga macam, yakni; Static text, dinamic text, dan input text.

Oval, Membuat objek oval (elips) atau lingkaran di dalam animasi.

Rectangle, membuat objek dalam bentuk segi empat ( bujur sangkar atau persegi panjang).

Free Transform, mengubah bentuk objek grafis atu teks, mebuat jadi panjang, lebar atau di putar.

Fill Transform, digunakan untuk membentuk arah gradien (komposisi warna) sebuah objek atau gambar bitmap.

Ink Bottle, digunakan untuk memberi warna pada garis tepi sebuah objek.

Paint Bucket, digunakan untuk memberi warna pada bagian utama (tengah ) sebuah objek grafis.

Eyedropper, digunakan untuk mengcopy warna yang sama dari sebuah objek untuk digunakan pada objek lain.

Eraser, Penghapus, untuk menghapus seluruh objek atau sebagian dari objek.

Hand, digunakan untuk memindahkan stage dalam animasi ketika diperbesar atau diperkecil

Zoom, digunakan untuk memperbesar/ memperkecil stage sehingga memudahkan pengeditan.

Stroke Color, digunakan untuk memberi warna garis pembatas sebuah objek.

Fill Color, digunakan untuk memberi warna bagian utama objek.

Tool Modifiers, bagian dari toolbar yang bisa digunakan untuk mensetting sebuah tool.

Klik Download File Docx 



6 komentar:

Ayo Komentarnya jangan lupa...
kalau ada link yang mati laporkan juga disini ya...

free counters
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...